Terus Menulis Untuk Indonesia

  • Bagikan

Oleh:Thersy N Solukh

Saling mengenal, saling menolong, terus belajar dan mampu memberikan yang baik menjadi identitas negara Indonesia.

Saya hidup di Indonesia atau yang biasa di kenal dengan Negara Hukum, di negara yang berkembang, tempat di mana pujaan para koruptor masih merajalela, walaupun sudah di kenal sebagai negara Hukum.

Dengan status negara sebagai Negara hukum ternyata tidak menutup kemungkinan bagi beberapa penduduk di Indonesia yang masih terus melakukan pelanggaran di negara ini, Entah itu sebagai unsur kesengajaan ataupun tidak, namun selalu terjadi berbagai macam masalah.

Di negara ini banyak terjadi masalah-masalah pribadi dibanding masalah sosial bersama, tempat di mana masalah-masalah sosial ataupun politik masih mengakar begitu kuat, serta dimana mental kekuasaan tertinggi masih di puja dan di banggakan. Hal ini harus di perhatikan dan tidak boleh dikembangkan lagi, kita harus mempunyai kesadaran di dalam diri sendiri agar masalah seperti ini harus di jauhkan dari Pemikiran-pemikiran dimasa Modern ini.

Di tempat ini pula selalu terjadi berbagai macam masalah seperti koruptor yang menganiaya sesama, memakan gaji buta untuk kepentingan pribadi, gaji para honorer setara dengan harga pakaian para pejabat, serta nyawa manusia di pelosok kota serendah harga sembako.

Masalah seperti ini harusnya di perhatikan dan dijauhkan oleh para pejabat untuk mengurangi angka kemiskinan di Indonesia.
Sebab menuntaskan setiap persoalan yang yang telah disebutkan di atas merupakan tanggung jawab setiap pejabat rakyat hal ini demi menciptakan perubahan yang baik.

Kemudian kita sebagai anak bangsa tidak boleh mengutamakan diri sendiri namun harus melihat kepentingan bersama supaya hal yang di kemukakan di awal tidak lagi terjadi.

Untuk itu negara harus mengupayakan proses perlindungan dan penegakan hukum yang mengadili setiap oknum pelanggar konstitusi dan korup.

Dengan melihat persoalan ini maka sebagai peserta didik yang juga memiliki andil untuk menuntut perubahan atas Negeri ini maka bagi saya menulis merupakan salah satu alternatif untuk menggugah persoalan yang di maksud. Nah dapat diketahui bahwa Menulis merupakan kegiatan yang dilakukan dalam menganalisis berbagai persoalan kehidupan seperti persoalan sosial, politik dan budaya yang dilihat dan diperoleh pada sebuah lingkungan agar diekspresikan secara tertulis dalam bentuk gagasan, ide atau pikiran dan perasaan yang lainya.

Dalam aktifitas menulis, kita harus melihat perbedaan memperbaiki kualitas pendidikan jauhkan konflik internal dan saling mendukung untuk maju. Di Indonesia memiliki kemiripan dengan negara-negara lain yang sama-sama terdiri dari berbagai suku. Namun, tidak bisa di pungkiri bahwa tantangan keberagaman yang dihadapi bangsa Indonesia lebih kompleks dari Negara-negara lainnya.
Dengan kondisi ini, kita tidak boleh Minder menjadi bangsa Indonesia. Karena di sepanjang bumi Indonesia tersimpan kekayaan yang tidak terhitung nilainya. Walaupun begitu Indonesia merupakan negara yang unik karena dengan keragaman budaya, bahasa,tradisi keyakinan dan memiliki kecantikan dan kekayaan Alam yang begitu tinggi. Namun menjadi kaya karena tradisi dan budaya tidak cukup untuk di perhitungkan di jagad raya ini.

Banyak sekali orang orang besar atau kaya memiliki warisan Jatuh miskin sebab salah atau tidak bisa mengelola hasilnya dengan baik. Negara ini akan menjadi negara terbesar tetapi Nilai kelolanya kecil jika masyarakat nya demikian mudah di adu domba serta mudah terpecah belah aturan keindahan tidak akan membawa manfaat kalau kita terus berseteru hanya karena masalah-masalah kecil yang sering terjadi. Demokrasi juga akan menjadi sia-sia jika masyarakat nya mudah di pengaruhi dengan lingkungan serta usaha tanpa isi.

Jika Masyarakat mudah sekali di pertentangkan atau mudah saja terpengaruh hanya karena perbedaan suku, agama, ras, kebudayaan atau mudah sekali terpengaruh bahkan berulang kali terjerumus dalam kekecewaan, tentu Demokrasi kita hanya akan membawa suatu kaum kepada kehancuran atau kerusakan.

Kita harus bersyukur atas semua yang di berikan Tuhan yang Maha Esa bagi bangsa Indonesia begitu banyak manusia yang berbeda-beda suku, serta berbangsa dan bahasa agar saling mengenal, dan tolong menolong, satu dengan yang lain, oleh karena itu kita harus terus belajar serta menulis karena Nasib seseorang di tentukan dan di ubah oleh orang itu sendiri.

Dimana pun saya meyakini saling mengenal, saling tolong, terus belajar dan mampu mempersembahkan perubahan yang baik menjadi bangsa Indonesia. kita dapat melakukannya melalui kegiatan kita sehari-hari yaitu terus menulis, karena menulis memberikan banyak inspirasi, inisiatif dan perubahan bagi Indonesia serta dari menulis dapat melahirkan potensi seorang pribadi mengembangkan  hal-hal positif yang sering terjadi di lingkungan masyarakat, sekolah dan masalah sosial dan politik yang ada yang terjadi di mana saja.

Dengan demikian maka menulis merupakan bagian dari kehidupan peserta didik untuk menyumbangkan gagasannya demi perubahan Indonesia untuk itu teruslah Menulis untuk indonesia.
Penulis, saat ini merupakan peserta didik aktif di SMA N I Amfoang Barat Laut Kelas XII IPA I

  • Bagikan