SMANSA AMBAL DALAM POTRET UJIAN

  • Bagikan
Potrer anak-anak sekolahan

Ujian akhir merupakan penilaian akhir dari setiap proses akademik bagi peserta didik yang akan dilaluinya bila seorang peserta didik sudah meletakan kakinya dikelas akhir dari satuan pendidikan tertentu misalnya pesertadidik kelas XII, IX, VI. Bagi mereka yang telah ada pada kelas-kelas tersebut ujian akhir merupakan hal mutlak yang harus mereka lalui.

Berdasarkan regulasi yang telah berjalan sejak 2020 pelaksanaan ujian akhir yang harus diselenggrakan oleh tingkat nasional harus di tiadakan dan diserahkan ke tingkat sekolah dengan mempertimbangkan berbagai aspek, diantaranya mempertimbangkan aspek penilaian yang efektif bila penilaian itu datang dari pihak sekolah yang merupakan unsur terdekat dalam penilaian aktifitas peserta didik.

Berdasarkan ketentuan dan regulasi yang demikian, maka ditahun 2020 Negara memberikan mandat sepenuhnya bagi pihak sekolah untuk menyelenggarakan ujian akhir sekolahnya yang disesuikan dengan kondisi dan situasi setiap sekolah.

Menyikapi penetapan regulasi tersebut maka melalui kesepakatan rapat dewan Guru SMA N I Amfoang Barat Laut menetapkan tanggal pelaksanaan ujian akhir sekolah terhitung dari tanggal 19 April – 24 April 2020.

Sejak hari pertama pelaksanaan ujian akhir sekolah di SMA N I Amfoang Barat Laut berjalan dengan lancar dan ditemani suasana hening seakan menjadi sahabat sejati dalam perjalanan waktu pelaksanaan ujian akhir sekolah. Memang momentum ujian akhir di setiap tingkatan pendidikan merupakan waktu yang istimewa bagi mereka yang melaksanakan ujian tersebut. Sebab momentum ujian akhir masa depan setiap orang dipertaruhkan.

Suasana hening lancar aman dan tertib, disaksikan langsung dari keberadaan para peserta didik kelas XII SMA N I Amfoang Barat Laut yang berjumlah 103 orang, saat melaksanakan ujian akhir sekolah di hari pertama dan seterusnya. Enam Ruang kelas yang disiapkan untuk pelaksanaan ujian Akhir sekolah berbasis pensil dan kertas di SMA N I Amfoang Barat Laut tertata rapi bersih dan nyaman.

Semoga potret indah ini dapat membuahkan hasil yang baik bagi mereka yang berjumlah 103 orang di waktu yang akan datang. Mengakhiri tulisan ini ada pesan yang dititipkan bahwa, Mengukur keberhasilan seorang manusia yang pernah ada dalam dunia pendidikan bukan diukur dari seberapa besar uang, kekayaan dan gelar yang ia peroleh namun keberhasilam seorang manusia yang perna berkecimpung dalam dunia pendidikan bila ilmu yang ia peroleh dapat ia gunakan untuk membangun nilai kepedulian antar sesam manusia dan alam semesta.

Penulis: GH

  • Bagikan