Rina Tamelab, Pendidikan Harus Memerdekakan Manusia

  • Bagikan

Oelfatu, LA. Pendidikan harus memerdekakan manusia hal ini disampaikan oleh Rina A. Tamelab, S. Pd, saat mensosialisasikan program Guru penggerak di ruang guru SMA N I Amfoang Barat Laut, Senin (1/11/2021)

Menurut Rina selama ini model pembelajaran yang diterapkan oleh nya dan pada umumnya Guru di Indonesia selalu memaksakan peserta didik untuk memahami apa yang kita ajarakan “guru terkadang memaksakan kehendak siswa” katanya

Bagi Tamelab, model pembelajaran seperti ini tidak memerdekakan manusia. karena kita sebagai guru telah menerapkan model pembelajaran yang tidak memberi kebebasan bagi peserta didik untuk mengembangkan kemampuan alaminya.

Ia mencontohkan model pembelajaran yang memerdekakan manusia itu misalnya saat saya mengajar mata pelajaran kimia dan ada siswa yang tidak mampu dalam pembelajaran tersebut maka sebagai guru tidak boleh memfonis kepada murid tersebut bahwa dia tidak mampu. namun Guru tersebut harus mengakui keberadaan tersebut karena kemungkinan murid tersebut kemampuannya ada pada mata pelajaran yang lain. dalam tahap ini Guru harus menjadi kunci dalam mencaritahu kemampuan murid tersebut agar Guru tidak memfonis murid tersebut dengan hal-hal yang negatif. urainya

Untuk itu melalui sosialisasi program Guru penggerak Rina, mengajak semua Guru untuk memahami secara tuntas tentang teori yang dicetuskan oleh bapak pendidikan kita Ki Hajar Dewantara agar kelak setiap peserta didik dapat menemukan kemampuan alaminya dan dikembangkan secara maksimal saat ia ada dalam bangku sekolah.

Sebab bagi Tamelab, Filosofi Ki Hajar Dewantara merupakan filosofi pembelajaran yang membebaskan manusia.

Bila kita komitmen untuk menjalankan misi ini maka peserta didik di Amfoang akan menjadi peserta didik yang memiliki jiwa kemandirian dan produktif saat mereka tamat dari bangku sekolah, bahkan SMA N I Amfoang Barat Laut akan menjadi sekolah contoh bagi yang lainya.

Dari sosialisasi program Guru penggerak yang dibawakan oleh Ibu Rina Tamelab, pihak sekolah, dan dewan Guru menyambutnya dengan baik, serta pihak sekolah akan siap mengeksekusi setiap program yang dibuat oleh Beliau. (GH/PPWI/LA)

  • Bagikan